Berapakah Gaji Guru Honorer di Indonesia? Berdasarkan Pengalaman!

Banyak sekali di antara kalian yang sebentar lagi lulus dari Kuliah kependidikan ingin menjadi guru di sekolah negeri. Tetapi untuk menjadi guru di sekolah negeri harus melalui seleksi PNS atau PPPK. Maka jika anda tetap melamar secara langsung ke sekolah negeri dan tidak melalui penjaringan tersebut anda hanya akan menyandang sebagai guru Honorer. Tetapi meskipun begitu status honorer ini bisa menjadi bagian dari pembelajaran kalian sebelum menjadi PNS atau PPPK, bisa menjadi bagian dari pengalaman mengajar, pengabdian dan lain-lain. Jadi tidak perlu di anggap sebelah mata menjadi guru Honorer.  

Perlu diketahui bahwa data ini berdasarkan pengalaman sendiri, pengalaman saudara atau orang dekat saya yang sama sama menjadi guru di tempat dan jenjang yang berbeda di Pemerintahan Kabupaten Garut dan di Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

Untuk Guru SD ini saya dapatkan informasinya dari Adik saya yang mengajar di salah satu SD di kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Bekerja dari jam 07.30 sampai 12.00 senin sampai sabtu di kelas 5 mendapatkan gaji sebesar Rp. 300.000 per Bulan. Besaran gaji honorer di SD tentu bisa berbeda-beda.

Untuk Guru SMP ini saya dapatkan informasinya dari Istri saya yang mengajar mata pelajaran IPA di salah satu SMP di kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Bekerja dari pukul 07.30 sampai 13.30 dari hari senin sampai jumat, mengajar sebanyak 24 jam pelajaran dalam satu minggu, ditambah tugas tambahan sebagai wali kelas mendapatkan gaji sebesar Rp. 750.000 per bulan yang dibayarkan rapel 4 bulan sekali tergantung cainya uang BOS dari pemerintah. Artinya mendapatkan 3jt per 4 bulan.

Untuk Guru SMK ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yang pernah menjadi guru honorer selama 2 tahun di salah satu SMK di kecamatam Cilawu Kabupaten Garut. Bekerja dari pukul 07.30 sampai 16.00 dari hari senin sampai jumat. Mengajar sebanyak 39 Jam Pelajaran, ditambah tugas tambahan sebagai wali kelas dan pembina ekskul maka mendapatkan gaji sebesar Rp. 3.400.000 per bulan. 

INFORMASI TAMBAHAN

Untuk gaji guru SMK swasta saya dapatkan dari teman saya yang mengajar di SMK Swasta yang cukup terkenal di Jawa Barat karena cabangnya banyak di tiap daerah. Dia bekerja di salah satu SMK swasta di kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut. Gajinya adalah 40.000 per jam pelajaran. Artinya jika dia mengajar sebanyak 24 Jam Pelajaran per minggunya maka gajinya adalah Rp. 960.000 per bulan. Belum ditambah uang transport dan lain-lain.

Itulah besaran gaji yang didapatkan dari seorang Guru Honorer dari orang-orang terdekat yang saya ketahui. Informasi ini tidak bisa digeneralisir, karena besaran gaji honorer itu bisa berbeda-beda tergantung tempat dan tugasnya masing-masing. 

Semoga infomasi ini bisa membantu. Saya doakan semoga kalian menjadi guru yang baik dalam mengajar dan mendidik, selalu ikhlas dalam bekerja, bijaksana dalam menghadapai sesuatu, dan mendapatkan apresiasi yang sesuai dengan pekerjaan anda. Terimakasih

Berapakah Gaji Guru Honorer di Indonesia? Berdasarkan Pengalaman! Berapakah Gaji Guru Honorer di Indonesia? Berdasarkan Pengalaman! Reviewed by Agis Sofyan Nulhakim on 16.31 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.